Selasa, 01 April 2014 14:10 WIB

Bengkalis Diguyur Hujan, Titik Api Nol

Share

BENGKALIS, 1/4 (KP) - Hujan lebat yang mengguyur sebahagian besar wilayah di Kabupaten Bengkalis sejak tiga hari terakhir menjadikan titik api padam seluruhnya. Meskipun titik api sudah nol, masyarakat tetap diimbau untuk tidak sama sekali melakukan pembakaran lahan di manapun lokasinya.

 

"Alhamdulillah, setelah tiga hari berturut-turut turun hujan walau hanya berkisar 1,5 sampai 3 jam, membuat titik api menjadi padam seluruhnya. Saya sudah cek kesemua lokasi karhutla, petugas menyampaikan bahwa kebakaran sudah mulai padam karena hujan lebat juga menyebabkan api di dalam lahan gambut turut padam,"jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-Damkar) Kabupaten Bengkalis Muhammad Jalal di Bengkalis, Selasa.

 

Ia membenarkan kalau jumlah titik api sudah berada di titik nol. Dalam sepekan terakhir, titik api masih terdapat di kecamatan Bantan, Bengkalis, Bukitbatu dan Siak Kecil yang menyebabkan udara sempat dipenuhi kabut asap walau tidak separah sebelumnya. Bahkan di perbatasan Bengkalis-Dumai, tepatnya di kawasan Pelintung udara juga mulai berangsur cerah, setelah sehari sebelumnya diselimuti kabut tebal.

 

Ia mengimbau kepada masyarakat peladang ataupun pengusaha perkebunan kedepannya untuk tidak melakukan pembakaran diatas lahan mereka. Meski titik api sudah habis, begitu cuaca panas kembali beberapa hari kedepan, jangan sampai ada lagi pembakaran lahan atas nama atau untuk alasan apapun. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat peduli api (MPA) di desa-desa untuk tetap pro aktif memantau kondisi di daerahnya dari aksi pembakaran lahan.

 

"Saat ini mayoritas petugas yang ada di lapangan kita tarik dahulu, walau sebelumnya kita sempat akan turun memadamkan api le cagar biosfer giam Siak Kecil-Bukitbatu. Namun kita tetap mensiagakan petugas dan alat pemadam kebakaran sebagai antisipasi kedepannya, karena karhutla ini tidak mengenal waktu, begitu musim panas tiba titik api kembali bermunculan,"tambah Jalal.

 

Pengamatan KP, Sejak Sabtu (29/3) hingga Senin (31/3) hujan lebat turun sekitar tiga jam sehari. Pada Sabtu dan Minggu (30/3) meski hujan lebat cuaca di Kabupaten Bengkalis masih diselimuti kabut asap. Asap tersebut dari sisa pembakaran di lahan gambut yang naik ke udara menyebabkan udara sempat diselimuti kabut asap cukup tebal sampai Senin pagi kemarin. Turunnya hujan Senin tengah hari selama tiga jam membuat kabut asap mulai menghilang dari udara. (Fuad)

comments